Kontroversi Hoax Telur Palsu

KONTROVERSI HOAX TELUR PALSU

 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Menanggapi viralnya berbagai video telur palsu (untuk konsumsi manusia) di media sosial, maka perlu kita tegaskan bahwa isi video tersebut adalah DUSTA... alias hoax!

Mengapa dusta alias hoax:

1. Sampai saat ini tidak ada teknologi industri yg mampu membuat kerabang telur dgn bentuk sempurna dgn isi putih dan kuning telur.

2. Industri pembuatan telur palsu, kobis palsu, nasi palsu, ikan palsu, tempura palsu, dll memang ada di Japan dan China sudah ada sejak tahun 1920-an. Produk2 palsu (dummy) tersebut dimaksudkan bukan untuk dikonsumsi, namun untuk di-display di depan restoran cepat saji, serupa Resto Sushi di Japan.

3. Biaya pembuatan telur palsu itu bisa 10X lipat lebih mahal daripada biaya pembuatan telur asli dari ayam. Sama sekali tidak masuk akal dan tidak feasible menjual telur ayam palsu.

4. Jika kita cermati di beberapa video, ternyata itu ada potongan2 dari beberapa video yang berbeda. Sebagian dari industri telur imitasi dan sebagian telur asli. Ini salah satu modus kuat pembuatan video hoax telur palsu ini.

5. Video2 telur palsu tersebut menjadi viral juga karena netizen terlalu sering disuguhi dengan berbagai hoaxes yang mengecoh. Maka kehati2an kita menjadi penting agar kita tidak terjebak ikut2an menyebarkan berita2 hoax.

Allaahu a'lam bish-showwab.
____

Nanung Danar Dono, Ph.D.
Direktur Halal Research Centre
Fakultas Peternakan UGM
Previous
Next Post »