Melayani Pelanggan dengan Baik



Melayani Pelanggan dengan Baik


Sebenarnya, melayani pelanggan bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda jadikan referensi untuk melayani pelanggan dengan baik.


1. Mengucapkan terima kasih

Pelanggan sangat senang diperlakukan ramah. Untuk itu, coba perlakukan mereka seramah mungkin dan layani dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengucapkan terima kasih usai melakukan transaksi. Pelanggan akan merasa senang dan setia pada Anda.


2. Mendengarkan keluhan mereka

Menerima kritikan dan saran dari pelanggan adalah hal biasa. Namun, Anda tak boleh tersinggung. Anda harus bisa mendengarkan dan memahami segala keluhan mereka untuk memperbaiki usaha yang Anda jalani. Jangan menyela ucapan mereka. Setelah Anda mendengarkan dengan baik, Anda bisa dengan mudah menawarkan solusi kepada mereka.


3. Empati

Berempati dengan pelanggan menunjukkan Anda respek dan perhatian pada mereka. Sikap empati akan membuat hubungan bisnis dan kepercayaan pelanggan meningkat.


4. Bantulah pelanggan memahami sistem Anda

Bisnis bisa saja sudah diorganisasikan dengan sangat baik. Namun, jika pelanggan tak memahami sistem tersebut, tidak mustahil mereka justru akan kebingungan dan menjadi tidak sabar bahkan marah. Karena itu, sediakan waktu untuk menjelaskan bagaimana sistem kerja usaha Anda.


5. Mengakomodasi kebutuhan pelanggan
Mendengarkan setiap permintaan dan kebutuhan mereka tentu tidaklah mudah. Pastikan bahwa segala kebutuhan pelanggan dapat Anda penuhi dengan cepat dan tepat.


6. Jangan membeda-bedakan pelanggan

Pelanggan tetaplah pelanggan, mereka adalah raja bagi bisnis Anda. Jangan membeda-bedakan mereka hanya karena banyaknya produk yang mereka beli. Walaupun hanya satu produk yang dibeli, mereka punya hak yang sama dengan pelanggan Anda yang lain. Hormati dan layani mereka sebaik mungkin.


7. Cintai pelanggan

Jika Anda sudah mencintai pelanggan, maka secara tidak langsung Anda akan memberi pelayanan yang baik pula. Dari sana timbulah kepuasan pelanggan. Otomatis keuntungan yang Anda raup juga semakin banyak.

Jagalah hubungan dengan pelanggan Anda. Terus bersikap ramah dan bersabar niscaya sukses dan panjang umur usaha yang Anda jalani.:sparkles:


Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »