Tujuh wasiat Luqman kepada anaknya.

Sebagaimana nasehat Luqmanul Hakim kpd anaknya:
Surah Luqman ayat 13-19 berisi kurikulum pendidikan untuk anak-anak. Allah mengabadikan wasiat Luqman kepada anak anaknya tiga hal pokok; yaitu akidah, syariah dan akhlak. Metode yang digunakan berupa perintah dan larangan tapi disertai dengan alasan yang masuk akal. 


Tujuh wasiat  Luqman kepada anaknya:

Pertama, jangan kau sekutukan Allah, karena syirik adalah kezaliman yang besar. 
Kedua, berbuat baiklah kepada kedua orang tua dan bersyukurlah. Sebab, mereka telah mengasuhmu semenjak dari dalam kandungan sampai kau besar dalam suka dan duka, tak mengenal lelah.
Ketiga, ikutilah jalan kehidupan orang orang saleh, karena semua manusia akan kembali kepada Allah dan Allah akan menghisab perbuatan mereka. Baik yg besar maupun yg kecil.
Keempat, laksanakan shalat sebagai bukti kepatuhanmu kepada Allah.
Kelima, ajaklah orang untuk berbuat baik dan cegahlah mereka melakukan kemungkaran.
Keenam, bersabarlah terhadap setiap musibah. “Kata Luqman kepada anaknya, inilah (bersabar) hal yang sangat penting kau perhatikan,” paparya.
Ketujuh, jangan congkak dan sombong dengan perilakumu. Berjalanlah dengan wajar. Jangan dibuat-buat, karena Allah tidak suka orang yang berperilaku seperti itu. “Dan jangan kau berbicara dengan suara keras, karena kau tak ubahnya seperti keledai yang suaranya memekakkan telinga dan sangat tidak enak untuk didengar.

*Pengingat untuk kami khususnya, yg masih banyak kurang dan khilafnya 😔

Deasy Puspawati

Previous
Next Post »