MENIMBANG KEKUATAN AL-HAQ & AL-BATHIL

MENIMBANG KEKUATAN AL-HAQ & AL-BATHIL
(Fiqh Dakwah dlm QS. al-Kahf)

Surat Al-Kahfi memuat 4 kisah utama, yakni [1] Kisah Ashabul Kahfi (ayat 9 s.d. 26); [2] kisah dua kawan pemilik kebun (ayat 32 s.d. 44); [3] Kisah Nabi Musa & Khidlr (60 s.d.  82) dan [4] Kisah Dzul Qarnain (ayat 83 – 101).

Tiga dari empat kisah tsb bercerita tentang relasi konflik antara Haq vs bathil; antara orang baik dg orang jahat. Hanya satu kisah yg bercerita ttg relasi orang baik dengan orang baik, yakni kisah Nabi Musa dg Khidlir.

Ada 3 model/kondisi hubungan antara al-haq dengan al-bathil yaitu:

Satu: Dlm kisah Ashabul Kahfi disebutkan model dimana kebatilan  dalam posisi sangat lebih kuat & agresif, sementara kebenaran & para pendukungnya dalam kondisi lemah yg tidak memungkinkan untuk melawannya.

Dalam situasi ini, pembela kebenaran dibolehkan atau bahkan dianjurkan menyembunyikan keimanannya demi maslahat yang lebih besar.

Dua:  Kisah 2 orang kawan pemilik kebun, yg berbeda sifat maupun pandangannya. Satu baik satu buruk.

Kedua kawan yang berbeda itu berada dalam level yg kurang lebih setara. Maka sikap yg dianjurkan, agar pembawa kebenaran mendialogkan nilai kebenaran tsb ( yuhawiruhu, ayat 37). Jadi tidak boleh diam saja.

Tiga: Kisah Dzul Qarnain dimana pembela kebenaran dalam posisi kuat, bahkan jauh lebih kuat dari lawannya. Apa yang dilakukan? Kebenaran ditegakkan dg kekuatan. Sila baca ayat 87-88.

Tiga model relasi konflik antara kebaikan dg kemungkaran tsb semangatnya hampir senada dg hadits Nabi saw:

ﻣﻦ ﺭﺃﻯ ﻣﻨﻜﻢ ﻣﻨﻜﺮﺍ ﻓﻠﻴﻐﻴﺮﻩ ﺑﻴﺪﻩ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺴﺘﻄﻊ ﻓﺒﻠﺴﺎﻧﻪ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺴﺘﻄﻊ ﻓﺒﻘﻠﺒﻪ، ﻭﺫﻟﻚ ﺃﺿﻌﻒ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ

“Barang siapa diantara kamu yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia merubah (mengingkari) dengan tangannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah (mengingkari) dengan lisannya, jika tidak mampu hendaklah ia (mengingkari) merubah dengan hatinya, dan itulah keimanan yang paling lemah.” (HR. Muslim no. 49)

#Jumat #alKahfi
__________
Published (30/09/2016) by:
"Rumah Tadabbur al-Quran"
(eRTAQA Center) Depok
Kritik & saran: 08223388113
Previous
Next Post »